Lowongan kerja lulusan kini semakin banyak dan mahasiswa-mahasiswinya pun sudah banyak diinginkan oleh berbagai perusahaan dan lembaga. Dengan tagline ‘SMK Bisa!’ membuat lulusannya semakin percaya diri untuk bersaing dengan lulusan jenjang pendidikan lainnya dalam dunia kerja.

Lulusan SMK dinilai memiliki nilai lebih dalam urusan praktek sehingga memudahkan untuk mencari pekerjaan dalam berbagai bidang, terlebih sesuai dengan jurusan yang dipelajari oleh mereka. Walau begitu, ada hal selain nilai pelajaran maupun nilai praktek yang bisa membantu anak lulusan SMK lebih diperhitungkan lagi ketika mencari pekerjaan dan hal-hal ini bisa dicari dan didapatkan bahkan sejak masih sekolah.

Untuk kamu yang masih mengenyam pendidikan di kelas 1, 2, atau 3, coba cari hal-hal di bawah ini, agar resume lamaran kerja kamu kian bersinar daripada lamaran kerja miliki peserta lain!

1. Menjadi Anggota Organisasi Sekolah

Di sekolah ada banyak sekali organisasi yang bisa kamu masuki, seperti OSIS, Palang Merah Remaja atau PMR, gabung dengan koperasi sekolah, hingga paskibra yang tidak hanya bisa menambah wawasan, tapi juga berguna dalam dalam resume lamaran pekerjaan.

Kok bisa? Tentu saja bisa! Bergabung dengan organisasi membuat kamu terbiasa berinteraksi dengan orang orang lain, kamu bisa bekerja sama dengan kakak kelas, adik kelas, bahkan guru dalam melakukan kegiatan, dan ini sangat berguna dalam kehidupan kerja kamu. Mereka yang terbiasa berada dalam kerja tim tentu tidak akan sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Jadi, jangan malas untuk bergabung dengan organisasi sekolah ya!

2. Mengikuti Lomba-Lomba Sesuai Kemampuan dan Hobi

Nilai sekolah sangat penting, tapi daripada hanya berfokus pada nilai sekolah, kamu pun perlu mengembangkan diri. Sebagai mahasiswa yang fokus akan satu jurusan, tidak ada salahnya untuk menguji kemampuan kamu dengan mengikuti lomba yang sesuai dengan kemampuan. Misalnya saja kamu adalah murid jurusan Teknik Komputer Jaringan, tentu tidak ada salahnya untuk mencari tahu mengenai lomba-lomba yang sesuai dengan jurusan. Tidak sulit kok menemukan lomba-lomba baik antar sekolah maupun setara dengan lomba Nasional di internet.

Selain itu, kamu bisa mengikuti lomba yang sesuai dengan hobi. Punya hobi menulis cerita? Atau mungkin kamu memiliki hobi berolahraga bulu tangkis? Tidak masalah untuk mengembangkan hobi kamu dengan mengikuti lomba yang ada.

Jika nanti kamu berhasil menang, kamu bisa menampilkan hasil lomba tersebut pada CV dan menceritakan pada HRD mengenai kisah kamu mengikuti berbagai macam lomba. Kamu yang senang menantang diri sendiri bahkan sejak masih muda, tentu akan dinilai berani dan aktif oleh perusahaan.

3. Mengikuti Kursus, Workshop atau Seminar Saat Liburan Sekolah

Perusahaan biasanya tidak hanya menilai pelamar kerja dari nilai sekolah saja, lho. Mereka pastinya akan lebih memperhitungkan pelamar kerja yang memiliki kemampuan lebih daripada pelamar kerja yang lain, dan kamu wajib memberikan nilai lebih kepada diri kamu sendiri.

Kamu akan bersaing dengan lulusan SMK bahkan lulusan dari jenjang pendidikan lain, agar lolos dan dapat kerja, miliki kemampuan lain yang mungkin tidak semua pelamar memiliki seperti kemampuan berbahasa asing, kemampuan menggunakan komputer, atau kemampuan menyetir mobil. Hal-hal ini jika sekadar kamu pelajari dari sekolah mungkin kemampuan kamu sama dengan pelamar lainnya. Nah, agar kamu memiliki nilai lebih, coba deh kamu mengikuti kursus pada lembaga luar sekolah. Nantinya, saat lulus juga kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa menjadi bukti bahwa kamu adalah seseorang yang berkompeten dalam bidang-bidang selain pada jurusan sekolah saja.

4. Jangan Malas Belajar!

Nilai rapor dan nilai ujian memang tidak dibawa mati, tapi akan dibawa saat melamar kerja nanti. Kalau nilai yang kamu bawa hanya berkisar pada nilai 6 dan 7 saja, tentu bukan sesuatu yang istimewa untuk dibanggakan. Untuk itu, jangan malas belajar setiap harinya.

Jika memang terlalu sulit untuk kamu bisa menaikan nilai raport per semesternya, setidaknya nilai kamu wajib stabil dan tidak mengalami penurunan. Sulit memang karena setiap tahun nilai rata-rata terus naik, tapi kamu harus yakin bahwa kamu bisa untuk konsisten belajar dan mau berusaha.

5. Fokus dan Mencari informasi Sebanyak-Banyaknya Mengenai Pekerjaan Impian

Setiap orang memiliki cita-cita dan pekerjaan impian mereka, kamu juga! Untuk mencapai cita-cita ini, kamu perlu tahu mengenai syarat apa saja yang dibutuhkan untuk bisa memperolehnya. Syarat sebuah pekerjaan tidak selalu berupa dokumen yang dikumpulkan, tapi bisa juga seperti tinggi badan, berat badan, mengenai kecacatan mata, kemampuan bahasa asing dan masih banyak lainnya.

Mencari tahu perihal pekerjaan impian kamu dan syarat yang dibutuhkan sejak masih sekolah akan membuat kamu lebih percaya diri jika nanti waktunya datang untuk kamu melamar pekerjaan. Hal ini karena kamu sudah mempersiapkan segalanya dengan sebaik-baiknya sejak jauh-jauh hari.

Menemukan pekerjaan yang tepat, tidaklah sulit. Ada banyak sekali lapangan pekerjaan diciptakan setiap harinya, apalagi kamu adalah mahasiswa yang akan siap kerja, pastinya akan jauh lebih mudah. Namun, kamu juga tidak bisa santai-santai saja. Coba deh, renungkan mengenai hal di atas, sudahkah kelimanya kamu persiapkan? Yuk, jangan buang-buang waktu!